Senin, 05 Januari 2015

Kolam ikan koi memperindah dan menambah nilai jual rumah

Keberadaan kolam ikan koi dapat memperindah dan menambah nilai jual rumah. Apalagi menurut pakar psikologi ikan koi, pasti dapat mendatangkan ketenangan dan ketentraman hati bagi penghuninya. Sebab, ikan ini dapat tumbuh besar dan warna-warna kulitnya yang cantik membuat kolam semakin menarik. Bila Anda tertarik untuk menghiasi kolam dengan ikan koi, sebaiknya kolam memiliki kedalaman yang cukup karena semakin dalam kolam, maka akan semakin baik dan koi yang dihasilkan pun berkualitas bagus. Jika kolam dangkal, koi tidak akan mendapatkan ruang yang nyaman untuk bebas berenang secara vertikal dan pertumbuhan koi pun menjadi terhambat.

Selain kedalaman, ukuran kolam juga perlu untuk diperhatikan. Jangan membuat kolam ikan koi yang terlalu kecil. Hal lain yang harus dihindari adalah kolam koi sebaiknya jangan dibuat di dekat pohon yang mudah menggugurkan daunnya. Karena daun bisa membusuk serta menyebabkan tumbuhnya lumut melayang yang  dapat memperkeruh air di dalam kolam dan mengganggu pertumbuhan koi. Berbeda halnya dengan lumut yang menempel di dinding kolam, lumut jenis ini tetap membuat kolam terlihat jernih dan bisa menjadi makanan ikan koi. Agar ikan koi memiliki warna yang lebih cerah, Anda bisa mensiasati dengan memberikan warna hitam pada dinding kolam menggunakan cat kolam koi yang banyak beredar di pasaran, misalnya produk Flexy Coat Water Ponding. Selain mampu membuat ikan koi tampil lebih cantik, finishing cat juga akan mengurangi pertumbuhan lumut dan menghindari kontak langsung antara semen dengan kolam yang dapat mempertinggi ph air. Untuk menghindari kolam dari air hujan, sebaiknya kolam ikan koi diberi naungan berupa kanopi. Yang perlu diingat, Anda harus rajin menjaga kondisi air di dalam kolam. Pastikan air tersebut selalu jernih  sehingga Anda perlu menggunakan filter yang bisa dibuat di samping kolam.

Bukan hanya sebagai pengisi lahan kosong yang tidak terpakai, manfaat kolam di depan rumah sangatlah banyak. Orang china percaya bahwa kolam ikan di depan rumah dapat membawa keberuntungan dan kedamaian. Keberadaan sebuah kolam ikan di rumah seperti oase yang dapat menciptakan kesegaran bagi tempat tinggal. Beberapa unsur yang terdapat di kolam ikan seperti suara merdu gemericik air, kombinasi warna, desain kolam, dan pemilihan ikan membantu si pemilik rumah untuk mendapatkan keseimbangan hidup.

Manfaat kolam ikan dapat membuat rumah anda lebih indah dari segi visual, desain kolam ikan yang baik, permainan warna, dan rimbun pepohonan tentu dapat memberikan suasana indah dan segar di mata orang/penghuni rumah tersebut.  Suara gemericik air memberikan rasa sunyi dan damai
Kolam ikan menambah rasa sejuk pada rumah tinggal. Jika dilihat dari ilmu Fengshui, kolam ikan dirumah dapatmembawa keberuntungan/hoki bagi penghuni rumah. Ikan dipercaya dapat mengusir stres. Ikan koi dinilai dapat mengusir pengaruhp buruk yang terdapat pada tempat tinggal

Sebelum menjelaskan langkah-langkah dalam Cara Membuat Kolam Ikan Koi, sebaiknya pehatikan dulu tips-tips dalam membuat kolam ikan koi berikut ini :

Pemilihan Lokasi Kolam
Dalam Teknik Cara Membuat Kolam Ikan Koi sangat menentukan apalagi bagi seorang hobies ikan koi yang ingin menikmati keindahan ikannya setiap hari. Oleh karena itu pilihlah penempatan kolam ikan di tempat yang tidak terlalu rindang dan tidak juga terlalu panas karna jika terlalu rindang tidak baik untuk perkembangan warna koi dan kualitas air yang cepat kotor karna daun yang berjatuhan dan bila tempatnya terlalu terbuka juga akan menyebabkan air kolam cepat berlumut. Sebaiknya ikan koi minimal 3 jam sinar matahari dalam sehari. Selain itu pilihlah posisi kolam yang terbenam di tanah dan jangan yang di permukaan karena ikan koi dinikmati dengan melihat dari atas atau bagian punggungnya bukan dari samping.

Ukuran Kolam
Sebaiknya disesuaikan antara tempat yang tersedia, luas ruang filter, kemampuan mesin pompa, ketersediaan air dan jumlah ikan yang akan disimpan dalam kolam ikan koi tersebut. Kalau anda bisa memikirkan dengan matang ke empat hal tersebut pasti tidak akan salah dalam Cara Membuat Kolam Ikan Koi Sebab jangan sampai terlalu luas sedangkan pompa air anda dayanya kecil, air susah didapatkan atau isi ikannya hanya sedikit yang akan membuat anda menyesal nantinya.

Bentuk Sisi Samping Kolam
Dalam Teknik Cara Membuat Kolam Ikan Koi sebaiknya mengurangi terlalu banyak lekukan keluar dan kasar pada sisi kolam karna selain akan mempengaruhi pertumbuhan bakteri dalam kolam juga akan menyusahkan kita dalam membersihkan sisi kolom serta tidak baik buat badan ikan koi bila digesekkan. Dalam teknik Cara Membuat Kolam Ikan Koi sebaiknya jangan terlalu datar, buatlah kemiringan antara 20% hingga 40% kesamping atau ke sudut kolam agar kotoran ikan koi pada kolam mudah terkumpul dan memudahkan ketika dibersihkan. Atau bisa juga dengan membuat Bottom Drain atau bagian yang lebih dalam di bagian tengah agar kotoran ikan koi terkumpul ditempat tersebut dan memudahkan ketika disedot.

0 komentar:

Posting Komentar