Rabu, 31 Desember 2014

Tips Hemat Renovasi Rumah

Tips Hemat Renovasi Rumah

Sebagai tempat bernaung dan beristirahat, rumah memegang peran penting dalam hidup kita juga sebagai investasi. Agar terlihat lebih indah dan meningkatkan nilai jual, rumah memerlukan renovasi. Agar tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya, berikut ini beberapa tips hemat renovasi rumah:

1. Gunakan kembali bahan bangunan yang masih bagus kondisinya, seperti pintu dan jendela, penutup atap atau genteng, peralatan sanitasi, dan sebagainya.

2. Minimalkan pembongkaran dinding agar struktur dan dinding bangunan yang masih baik dapat dimanfaatkan kembali.

3. Dalam proses renovasi, tak jarang muncul keinginan-keinginan baru yang sebenarnya tidak perlu. Tetaplah pada rencana renovasi yang telah disepakati sejak awal. Biaya pekerjaan renovasi dapat membengkak jika Anda melakukan perubahan-perubahan di tengah jalan

4. Waktu untuk rrenovasi rumah. Merenovasi rumah ada baiknya memilih waktu yang tepat, misalnya pada saat musim kemarau. Jika musim hujan tiba, tentu pengerjaan renovasi bisa terhambat dan meleset dari perhitungan awal. Biaya renovasi rumah bisa membengkak karena gangguan cuaca. Selain itu, biasanya pada saat renovasi rumah, penghuninya masih tetap berada dirumah, memanfaatkan ruangan yang tidak direnovasi. Keadaan demikian tentu akan mengganggu kenyamanan, karena resiko atap belum selesai renovasi.

5. Pilihlah Mandor atau tukang yang benar-benar berpengalaman dan menguasai pekerjaannya. Usahakan didalam menentukan dan memilih mandor atau tukang berdasarkan referensi dari teman dekat atau kerabat yang pernah menggunakan jasa mandor atau tukang tersebut. Karena bisa jadi kalo asal comot tukang, yang ada malah berantakan kerja asal asalan. Yang tadinya niat renovasi untuk mempercantik rumah malah tidak kesampaian.

Demikian tips singkat tentang cara hemat biaya renovasi mempercantik rumah, sehingga Anda bisa menghemat biaya renovasi rumah. Hasil renovasi bisa maksimal dan konsep rumah bisa menjadi lebih indah dengan trend yang sedang berkembang.

1 komentar:

  1. Mandor juga berperan penting. Kalu perlu, kita sendiri yang jadi mandor nya mandor. :D

    BalasHapus